WAWANCARA EKSKLUSIF BERSAMA DEKAN

26 04 2009

ketua BEM dan Dekan
Profil pribadi narasumber
Nama : Ir. H. Soekarno Budi Utomo, MT.
Status : berkeluarga, 1 isteri, 2 orang anak laki-laki kelas 6 SD dan 1 SD.

1.Keluarga merupakan support awal.
Bagaimana dukungan dari keluarga terhadap segala usaha yang Bapak tekuni?
Mereka sangat mendukung dalam hal-hal yang bersifat positip karena saya selalu berkoordinasi dengan keluarga. Hingga menjadi dekan seperti saat ini segala resiko sudah dipertimbangkan bersama keluarga dan apabila itu memang sudah ditakdirkan atau diamanahkan kepada saya, maka keluarga pun mendukung.

2.Menciptakan link and match dengan perusahaan.
Apa program empat tahun ini?
Program rutin dan program utama.
Program rutin adalah program yang berkaitan dengan Tri Dharma perguruan tinggi, antara lain: pertama berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran, kedua berkaitan dengan penelitian, dan ketiga berkaitan dengan pengabdian masyarakat.
Program utama adalah mencari kemudahan bagi mahasiswa dalam melakukan praktek kerja, penelitian, ataupun tugas akhir, yang ujung-ujungnya adalah agar mahasiswa mudah untuk mencari kerja. Poin-poin pentingnya adalah:
1)membuat MOU sebanyak-banyaknya dengan perusahaan-perusahaan,
2)mendirikan UPT (Unit Pelaksana Teknis) yang berfungsi membantu mahasiswa yang ingin praktek maupun kerja di perusahaan terkait. Beranggotakan dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni sebagai tindak lanjut dari MOU agar berjalan semestinya. Dengan adanya MOU maka akan terjalin hubungan baik atau koneksi antara FTI dengan perusahaan, apabila perusahaan sedang mencari tenaga kerja maka akan segera memberikan informasi lowongan kerja kepada FTI kemudian FTI mengirimkan data-data Indeks Prestasi (IP) mahasiswa yang kompeten kepada perusahaan terkait, UPT akan mudah dalam mencari tempat untuk penelitian magang atau profesi bagi mahasiswa,
3)mengklasifikasikan perusahaan yang sesuai dengan indeks prestasi mahasiswa. Diharapkan perusahaan memperoleh tenaga kerja lulusan FTI yang tepat sesuai dengan kemampuan mahasiswa.

3.Mari ciptakan rasa persaudaraan dan kebersamaan.
Sejauh mana pengamatan Bapak terhadap optimalisasi kultur hubungan antar personal di FTI dan bagaimana cara membangun kultur tersebut?
Berdasarkan pengamatan saya selama ini kultur hubungan antar personal di FTI kurang optimal atau bisa disebut kurang guyub. Mari kita adakan acara untuk menciptakan rasa kebersamaan karena saya yakin adanya heterogenitas bakat atau hobi yang dimiliki mahasiswa-mahasiswa di FTI. Ada yang suka bernyanyi, berolahraga, bermain musik, atau bahkan mengekspresikan suasana hati melalui lantunan syair yang indah ataupun dengan goresan tinta. Oleh karena itu saya berharap BEM, SEMA, HMJ, dan LSO mampu berperan aktif untuk mengoptimalkan kultur yang ada di FTI ini dengan mengadakan acara-acara positip.

4.Saya selalu menjadi orang yang optimis dan positip.
Bagaimana optimisme Bapak terhadap program empat tahun ini dan juga perkembangan kultur di FTI?
Bila kita selalu membangun hati dengan nilai optimis dan positip dalam melakukan suatu pekerjaan, itu sudah merupakan kekuatan utama. Akan tetapi saya tidak bisa melakukan itu sendirian, harus didukung dengan tim saya baik itu dari dosen, karyawan, maupun mahasiswa karena hal ini melibatkan semua. Tapi saya yakin dalam satu tahun ini sudah ada perubahan, meskipun tidak begitu terlihat signifikan karena sangat dibutuhkan kerja keras dan kerjasama tim dalam hal ini mengenai perusahaan-perusahaan yang akan kami jalin kerjasama.

5.Pesan Pak Dekan
Mari tingkatkan rasa persaudaraan dalam civitas akademik, semangat menjunjung sportivitas, semangat untuk berkarya dengan baik, selalu berpikiran positip untuk mengembangkan FTI ini. Diharapkan dari setiap lembaga di FTI dalam setahun ini mampu berperan serta mewujudkan reaksi positip dan rasa saling memiliki. Kami dari fakultas siap memfasilitasi dan yang terpenting gunakan momen itu secara baik kita gali potensi-potensi yang ada dalam mahasiswa.


Aksi

Information

One response

2 05 2009
mohammad

semoga FTI UNISSULA banyak peningkatan setelah dikomandoi pak karno. teruskan perjuangan!!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: